Selasa, 31 Mei 2011

Remaja mengapa Perilakunya menyimpang ?


Remaja mengapa  Perilakunya  menyimpang ?
Masa Remaja adalah misteri. Sejak perkembangan manusia dari kanak-kanak sampai menjelang remaja, energi besar  dikerahkan untuk mencari tahu dan menemukan tentang dirinya sendiri. Muaranya adalah kebahagiaan hidup. Dalam pacuan adab dan teknologi yang terus berlangsung dengan cepat, terjadi banyak perubahan sosial dan budaya negatif yang menjadi permasalahan karena terjadinya pergeseran etika dan moral dikalangan remaja dan mendapat perhatian serius oleh berbagai kalangan.  
Remaja Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan sosial yang cepat dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, yang juga mengubah norma-norma, nilai-nilai dan gaya hidup mereka. Remaja yang dahulu terjaga secara kuat oleh sistem keluarga, adat budaya serta nilai-nilai tradisional yang ada, telah mengalami pengikisan yang disebabkan oleh urbanisasi dan industrialisasi yang cepat. Hal ini diikuti pula oleh adanya revolusi media yang terbuka Bagi keragamann gaya hidup dan pilihan karir Bagi remaja.
Dalam kehidupan sehari-hari kalian tentu sering mendengar atau melihat berita kriminal di media massa informasi adanya peningkatan jumlah remaja yang telah melakukan seks pranikah,lalu informasi lainnya  seperti kasus aborsi, pemerkosaan yang dilakukan oleh sekolompok remaja, penyalahgunaan narkoba serta tawuran pelajar yang dilakukan para remaja. Pernahkah terbesit dan memikirkan bahwa hal itu merupakan bentuk penyimpangan sosial yang cukup banyak terjadi di kalangan remaja Indonesia.
Teman sebenarnya Apa pengertian  dari penyimpangan sosial itu? Penyimpangan sosial  secara umum merupakan  bentuk perilaku yang dilakukan oleh seseorang yamg tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku dlam masyarakat. Teman-teman Beberapa definisi penyimpangan sosial menurut para ahli sosiologi kakak sajikan sebagai berikut :
Bruce J. Cohen  (yang dikutip dari buku sosiologi suatu pengantar IPS Terpadu Kelas VIII. Erlangga, hal 86) mendefinisikan perilaku menyimpang sebagai perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak masyarakat atau sekelompok tertentu dalam masyarakat. [1].
Kartini Kartono menyebutkan bahwa masalah sosial diartikan sebagai semua tingkah yang melanggar atau memerkosa adat istiadat masyarakat ( bahwa penyimpangan sosial berakar  dari faktor sosial seperti perubahan aliran sosial dan kurangnya integrasi sosial di antara individu). [2].
Lalu faktor apa saja yang menyebabkan orang melakukan penyimpangan sosial khususnya melakukan seks pranikah??
Teman-teman ternyata beberapa faktor penyebab penyimpangan itu terjadi pada masyarakat kita disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
a)    Cultural Lag (kelambanan budaya dan kultur) yang diartikan perubahan satu individu atau satu kelompok dengan yang lainnya.
b)   Sifat-sifat yang dinamis individu dalam berinteraksi antar anggota di dalam masyarakat.
c)    Proses sosialisasi di antara kalian ada yang tidak sempurna atau tidak berhasil, hal ini dikarenakan kalian  mengalami kesulitas dalam hal komunikasi ketika bersosialisasi.
d)   Teman ini yang sungguh mengiris hati kita.. ternyata banyak pelaku seks pranikah dikalangan remaja dilakukan atas dasar ekonomi atau keinginan memenuhi kebutuhan akan gaya hidup (life style) mereka. Bisa kamu bayangkan ngerinya…
e)    Dasar  Agama yang kurang kuat sehingga kehidupan mereka menjadi tanpa arah.
f)     Tingkat intelegensi   (kecerdasan) serta kedudukan kalian dalam keluarga juga  berpengaruh pada perubahan perilaku, sikap serta pola fikir kalian terhadap arah hidup yang kalian cari.
g)   Kehidupan rumah tangga, Pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa ternyata membawa pengaruh yang cukup besar sehingga remaja telah bergeser prilaku seksnya.


[1] Umasih,Dwi Sukanti L.N, Etikawati Sri. IPS TERPADU kelas VIII. Erlangga. 2007 hal 86
[2] ibid

2 komentar:

  1. bu Saya Edo mau nanya apa aja yang harus kita cari dari film obama anak menteng

    BalasHapus